Genjot Kesadaran Pajak, Relawan Pajak FEB Unisma Malang Beri Asistensi Wajib Pajak

Pelepasan Tim Relawan Pajak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2020 di Ruang Multimedia Gedung Al-Hambaloi Lantai 3 Unisma Malang oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang, Ibu Nur Diana, S.E., M.Si. Acara pelepasan ini diselenggrakan guna menerjunkan secara langsung tim relawan setelah selama 3 bulan digodok diklat relawan pajak di Tax Center FEB UNISMA.

Dalam sambuatannya Dekan FEB UNISMA, Ibu Nur Diana, S.E., M.SI menyampaikan bahwa Kegiatan Relawan Pajak ini diadakan sebagai tindak lanjut dari pembentukan Tax Center yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang sejak Tahun 2017 lalu. Namun juga sebagai bentuk salah satu komitmen FEB UNISMA dan Kanwil DJP Jawa Timur III untuk melakukan edukasi dan sosialisasi yang lebih masif dalam rangka mengoptimalkan proses penyampaian SPT Tahunan.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

“Hasil laporan tim Tax Center ini, pada tahun 2020 ini, jumlah mahasiswa yang mendaftarkan diri menjadi Relawan Pajak meningkat hampir dua kali lipat apabila dibandingkan dengan tahun 2019. Sebanyak 100 orang mahasiswa dari berbagai jurusan telah diseleksi dan dipilih oleh pihak kampus untuk menjadi Relawan Pajak yang nantinya akan berperan dalam kegiatan kampanye, sosialisasi dan asistensi terkait penyampaian SPT Tahunan yang dilakukan oleh KPP Pratama Kota Malang dan Kota Batu. Ini merupakan berita yang menggembirakan, setelah tahun 2019 kemarin Tax Center FEB UNISMA mendapatkan penghargaan dari Kanwil DJP Jawa TImur III sebagai Tax Center Pilot Project Pembelajaran Inklusi Kesadaran Pajak, telah direspon positif dengan jumlah yang semakin meningkat untuk menjadi Relawan Pajak, “Hal ini sejalan dengan konsep Kampus Merdeka, dimana perguruan tinggi harus memberikan kebebasan kepada mahasiswanya untuk belajar. Maka dari itu FEB UNISMA sejak dini mungkin melakukan kerjasam dengan industry sebagai saran untuk tempat pemagangan. Ini wujud nyata langkah FEB UNISMA dengan menggandeng Kanwil DPJ Jawa Timur III, Dengan Ucapan Bismillahhirrohmanirrohim kami melepas 100 tim relawan pajak FEB UNISMA untuk melakukan asistensi, sosialisasi, kampanye dan edukasi terkait penyampaian SPT Tahunan wajib pajak.

Selanjutnya Dekan FEB UNISMA yang juga didaulat menjadi narasumber materi pemantapan kepada tim relawan wajib pajak ini memberikan pentingnya Code of Conduct bagi Relawan Pajak FEB UNISMA. Dalam paparannya beliau menekankan kode perilaku etis tim relawna pajak harus objektif, independen dan menjaga kerahasiaan wajib pajak yang diasistensi mereka.

“Sebagai relawan wajib pajak anda dilarang menciptakan konflik kepentingan diantara berbagai pihak, agar tidak menimbulkan perselisihan dan anda diharamkan untuk menerima atau meminta sesuatu dalam bentuk appaun kepada wajib pajak. “Ingat Tugas anda adalah asistensi dan harus berpegang teguh pada Kode Perilaku Etis Relawan Pajak”

Pada kegiatan pelatihan tersebut, para mahasiswa mengikuti dengan sangat antusias setiap paparan yang diberikan oleh narasumber. “Para adik-adik mahasiswa sangat kritis dalam mengajukan pertanyaan dan hal ini merupakan sinyal yang baik karena menunjukkan rasa ingin tahu yang sangat besar dari dalam diri mereka,” ungkap salah satu panitian.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dari keseluruhan materi yang harus diikuti tim relawan pajak selama 3 bulan di Tax Center FEB UNISMA meliputi materi pelatihan meliputi teknis tata cara pengisian SPT Tahunan secara e-Filing untuk SPT 1770 S dan 1770SS, materi penyusunan laporan keuangan berbasis Android, Code of Conduct Relawan Pajak. Untuk pengisian SPT Tahunan tersebut dilakukan secara online menggunakan handphone dan komputer. Selain itu para mahasiswa juga diberikan materi mengenai hak dan kewajiban wajib pajak serta manfaat pajak agar para Relawan Pajak semakin memahami akan pentingnya pajak bagi bangsa dan negara, dan yang terpenting dapat memberikan pemahaman yang benar dan jelas kepada seluruh masyarakat pada saat asistensi nantinya.

Relawan Pajak ini akan ditugaskan mulai awal Februari untuk melakukan asistensi di Pos Pelayanan Pajak yang berlokasi di beberapa satuan kerja pemerintah dan beberapa tempat lain di Kota Malang dan Kota Batu. “Para Relawan Pajak ini diharapkan dapat melakukan kampanye pajak dan dapat melakukan pendampingan langsung bagi masyarakat khususnya di mana mereka akan melaksanakan tugasnya,” ungkap Ibu Umi Nadhiroh selaku Ketua Tax Center FEB UNISMA.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Ada pun kegiatan Relawan Pajak ini juga merupakan salah satu pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi. “Selain itu yang paling utama adalah terciptanya generasi dan masyarakat yang sadar akan hak dan kewajiban perpajakan, serta adanya perubahan perilaku wajib pajak dalam memahami akan pentingnya pajak untuk menjamin keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkas Ibu Nur Diana, S.E., M.SI selaku Dekan FEB UNISMA.

*)Pewarta: Humas FEB Unisma Malang

Hotline Saran & Keluhan !