FMIPA Unisma Malang: Wisata Publikasi Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Wawasan Konservasi Biodiversitas

FMIPA Unisma Malang: Wisata Publikasi Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Wawasan Konservasi Biodiversitas

(20/1/2020) Rangkaian kegiatan wisata berbasis publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat oleh sivitas FMIPA Universitas Islam Malang di Bali tanggal 20-22 Januari 2020 dimulai dengan melakukan sosialisasi dan kunjungan ke MAN 1 dan SMA Diponegoro di bawah Yayasan Al Mustaqim di Bali dalam bentuk pengabdian kepada Masyarakat bertema konservasi biodiversitas.

Empat (4) tim dosen melakukan penyuluhan dan pelatihan terkait bioentrepreneur yaitu, tim inovasi herbarium kering bersama Ari Hayati, Tintrim Rahayu, Hasan zayadi; tim konservasi sumberdaya hayati ikan di Indonesia bersama Husein Latuconsina, Hari Santoso; tim motivasi dalam mengembangkan entrepreneur bagi kalangan siswa bersama Hamdani Dwi Prasetyo, Saimul Laili, Majidah Ramadhan serta tim metode pembelajaran mudah bagi siswa tentang pemahaman konsep biomol melalui analisis in silico bersama Gatra Ervi Jayanti, Nurul Jadid Mubarakati, Nour Athiroh AS. Tak lupa mahasiswa berprestasi juga ikut mempresentasikan pengalaman menarik dan penghargaan yang didapat di UNISMA. Di samping itu juga dilakukan penandatanganan MoU dan ditindaklanjuti dengan SPK (Surat Perjanjian Kerja Sama) dengan kedua instansi tersebut.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Antusias guru dan siswa sangat luar biasa dalam mengikuti kegiatan tersebut, hal ini sesuai dengan pernyataan kepala sekolah MAN 1 Jembrana bapak Wifqi Rahmi, S.Pd., M.Pd ingin segera menindaklanjuti kerjasama di bidang tridharma salah satunya di bidang penelitian, dan juga mensosialisasikan agar siswanya masuk ke Unisma sebagai salah satu kampus Islam terkemuka. Kesan pesan Bapak Anang selaku kepala sekolah SMA Diponegoro dalam kegiatan ini adalah beliau merasa sangat terbantu dengan kunjungan ini karena dapat memotivasi, mendorong dan membangkitkan semangat siswa/i dalam lanjut studi terutama kuliah di UNISMA.

Di samping melakukan kunjungan Sivitas FMIPA UNISMA juga melakukan penguatan jejaring Alumni yang ada di Bali, yakni sejumlah alumni FMIPA yang ditemui saat kegiatan wisata publikasi tahun ini adalah Usman Felayani, Ida Fitriani, Nur Ainiyah dan Naning.  Serta beberapa alumni Unisma dari FKIP jurusan matematika, bahasa Inggris dan PGMI. Aktifitas eksternal lainnya juga mengunjungi tiga makam Wali yaitu habib Ali Umar Mbah faqih – Loloan Barat, Syeh Ali Dahlan-Negara, Syeh Haji Mukmin-Serangan dan diakhiri dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di Bali.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: Humas Fakultas MIPA Unisma Malang