Ikuti NBBC 2019, Tim SIMAYA Raih Juara 2 Ajang Lomba Jembatan

Ikuti NBBC 2019, Tim SIMAYA Raih Juara 2 Ajang Lomba Jembatan

Pada hari Selasa (12/11) Universitas Islam Malang mengirimkan sebanyak 16 Tim SIMAYA (Sipil Unisma Jaya) dalam event NBBC 2019 (National Balsa Bridge Challenge 2019) yang bertempat di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah. National Balsa Bridge Challenge 2019 ini merupakan ajang lomba jembatan yang menjadi salah satu bagian dari serangkaian acara yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta. Peserta yang mengikuti lomba ini diharuskan mempersiapkannya dengan sebaik mungkin, baik dari design hingga analisa pembebanan dari jembatan itu sendiri dengan waktu yang relatif singkat tentunya harus menyesuaikan TOR yang telah diberikan oleh panitia.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Proses Penyeleksian dilaksanakan dengan sangat ketat hingga ada beberapa jembatan yang tidak memenuhi syarat sehingga harus gugur dipengecekan dan terdiskualifikasi dan dua diantaranya adalah dari Tim SIMAYA (Sipil Unisma Jaya). Pada saat proses pengujian pembebanan pada jembatan terjadi sedikit kelalaian dari panitia hingga ada salah satu jembatan dari Tim SIMAYA (Simaya Koras) tidak sengaja terjatuh dan jembatannya mengalami kerusakan. Karena dari pihak panitia mengakui bahwa itu murni kesalahan dari panitia maka panitia memberikan kebijakan lain dengan memberikan waktu selama 15 menit untuk memperbaiki jembatan yang telah rusak dengan diawasi oleh 3 saksi perwakilan dari 3 Universitas. Setelah Jembatan selesai diperbaiki maka jembatan diperbolehkan untuk mengikuti uji pembebanan. Setelah semua jembatan diuji pembebanan maka hasil uji dipaparkan hingga akhirnya sebanyak 7 Tim SIMAYA lolos ke babak Final, serta efisiensi terbesar juga diperoleh oleh Tim SIMAYA (Simaya Koras) dengan efisiensi mencapai 2800.

Jum’at (22/11) 7 Finalis dari Tim SIMAYA (Sipil Unisma Jaya) Universitas Islam Malang mengikuti serangkaian tahapan di babak final yaitu perakitan jembatan dan presentasi. Sabtu (23/11) tahapan berikutnya yaitu uji pembebanan, yang menggunakan alat uji berupa beban berjalan. Setelah semua tahapan dilewati hingga tiba dipenghujung acara yaitu awarding dimana salah satu Tim SIMAYA (Simaya Koras) mendapat gelar juara 2 pada event ini. Selalu ada keajaiban untuk SIMAYA…. SIpil UNISMA Jaya !!!

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *