Profesor Elvira Sojli Kupas Tuntas  International Financial Market di FEB UNISMA

Sejalan dengan perkembangan literasi di bidang Finance secara global, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang menggelar Seminar Internasional yang bertajuk International Financial Market. Acara yang mengundang narasumber Profesor Elvira Sojli dari University of New South Wales Business School Australia ini banyak membahas hasil riset beliau yang terkait dengan perkembangan bond market, retail bank market dan equity market.

Seminar yang diikuti ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan umum tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Nur Diana, SE., M.Si. Dalam sambutannya, Ibu Nur Diana , mengapresiasi kegiatan yang melibatkan banyak mahasiswa baik mahasiswa asing maupun mahasiswa dalam negeri serta akademisi yang konsen terhadap perkembangan financial market. Kegiatan tersebut dinilai menjadi bagian dari peran penting FEB Universitas Islam Malang yakni berkontribusi dalam pengembangan bidang ilmu Finance khususnya financial market baik secara internasional. Sebab, FEB UNISMA didirikan untuk kebutuhan pengembangan riset salah satunya terkonsentrasi pada bidang finance.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

“Semoga kegiatan ini benar-benar memberikan gambaran dan wawasan tentang tren perkembangan riset bond market, retail bank market dan equity market atau pasar modal secara global.”

Profesor Elvira Sojli dalam paparannya yang merupakan hasil-hasil penelitiannya menjabarkan tentang perkembangan bond market di beberapa market khususnya market Eropa yang didominasi oleh obligasi pemerintah, perkembangan obligasi dengan tingkat bunga floating rate dan fixed rate.

Selanjutnya Profesor cantik yang sangat menggemari olah raga ini juga menjabarkan bahwa tentang eurobond dengan floating rate dan fixed rate dalam hubungannya dengan equity banyak didominasi oleh perusahaan multinasional yang sangat besar, organisasi pemerintah dan organisasi internasional. “Perkembangan eurobond di Asia sering terjadi di Asian Currency market dan Asian bond sering dinamakan sebagai dragon bound.”

Sedangkan dalam paparannya beliau juga menyampaikan bahwa exchange rate ditekankan pada sejumlah unit mata uang negara lain dari dollar US. Penentuan tarip pertukaran mata uang suatu dengan negara dengan mata uang negara lain didasarkan pada: suply dan demand terhadap pertukaran mata uang asing, faktor politik.

“Dalam perkembangan Sistem moneter internasional tergantung pada free float, managed floats, regim target zone dan regim fixe rate.”

Paparan Prof Elvira Sojli yang dimoderatori oleh Rahmawati, SE., MM., MBA yakni  dosen sekaligus pengelola International Division Development Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA berhasil  mengundang antusias para peserta seminar internasional yang sejak pagi telah memenuhi Abdurahman Wahid Hall Gedung Pascasarjana Unisma lantai 7 pada senin 16 Desember 2019.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Hotline Saran & Keluhan !