FEB UNISMA Gelar Pelatihan Relawan Pajak dan Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Bacht II

FEB UNISMA Gelar Pelatihan Relawan Pajak dan Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Bacht II

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Jawa Timur III bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas  Islam Malang mengadakan kegiatan tahunan dalam rangka upaya mendukung program pemerintah pusat terkait dengan pengisian dan penyampaian SPT Pajak Orang Pribadi dan Badan Usaha. Kegiatan ini dinamakan Relawan Pajak 2019. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa Semester Akhir Studi Akuntansi dan Manajemen Universitas Islam Malang yang telah mendapatkan mata kuliah Perpajakan dan Akuntansi Pajak. Salah satu tujuan kegiatan ini mendorong pula untuk mahasiswa Akuntansi dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui  asistensi pengisian SPT Tahunan serta pendampingan dalam Penyusunan Laporan Keuangan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id 

Sebelum terjun ke masyarakat, mahasiswa diberikan pelatihan yang diadakan selama sepuluh hari berturut-turut pada tanggal 13 Desember-23 Desember 2019 di Tax Center FEB Universitas Islam Malang. Acara Pelatihan Relawan Pajak Bacht II ini dibuka Secara Langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang, Ibu Nur Diana, SE., M.Si yang dalam sambutannya mengatakan apresiasinya atas berlangsungnya kegiatan ini serta ucapan terima kasih kepada Kanwil Pajak DJP III atas penghargaan yang diberikan kepada FEB UNISMA

“Terima kasih kami ucapkan kepada Kanwil DJP Jawa Timur III atas penghargaan yang diberikan kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang yang telah menobatkan Sebagai Pilot Project Pembelajaran Inklusi Kesadaran Pajak di Jawa Timur. Semoga kedepan Tax Center FEB UNISMA semakin berprestasi lagi.”

Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi dan membantu para sahabat UMKM di wilayah Malang Raya agar mampu memgelola keuangan usaha serta menyusun laporan keuangan dengan baik. “Atas tujuan ini FEB UNISMA sengaja mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak dengan menerjunkan mahasiswanya sebagai Relawan Pajak. “

“Relawan ini perlu dilatih terkait penyusunan pelaporan keuangan UMKM berbasis Android yang mana sistem ini mengatasi kesukaran dalam menyusun laporan keuangan sebagaimana problem klasik yang dihadapi wajib pajak dari UMKM.”

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id 

“Dengan pelatihan ini kami harapkan relawan pajak FEB UNISMA dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan  kesadaran wajib pajak sehingga dapat meningkatkan penerimaan negara dari sektor perpajakan. Sementara itu Bapak Rully Anwar dari Kanwil DJP Jawa Timur III mengatakan Negara Indonesia bisa mandiri melalui sektor pajaj. maja dari itu generasi Miilenial wajib menjaga kontinuitas  Negara Indonesia melalui kemandiriannya yang dibiayai sektor pajak. Ada 3 sumber pembiayaan negara diantaranya dari sumber daya alam, pajak dan hutang. Maka dari itu pajak adalah milik kita semua dan sejak dini kita wajib memahami hak dan kewajiban kita sebagai wajib pajak  sebagai bentuk kecintaan kita pada tanah air Indonesia”.

Pelatihan ini dibimbing langsung oleh pihak Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jawa Timur II dan dosen FEB Universitas Islam Malang yang Ekspert di bidang Perpajakan.

Relawan Pajak kali ini diikuti oleh mahasiswa aktif yang berada pada semester 5 dan 7 dengan total peserta 130 peserta. Pelatihan ini berlangsung interaktif dengan berbagai antusiasme mahasiwa dalam hal tanya-jawab seputar SPT Tahunan Orang Pribadi dan Badan Serta Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berbasis Android.

Kegiatan ini merupakan langkah awal Relawan Pajak dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat. Terkait kegiatan ini, Relawan Pajak akan hadir pada bulan Maret 2020 mendatang di Universitas Islam Malang untuk melakukan Asistensi kepada segenap Dosen dan Karyawan Universitas Islam Malang untuk mendukung partisipasi warga Sivitas UNISMA dan Wajib pajak Malang Raya dalam pemenuhan kewajiban membayar pajak.

Pada acara tersebut juga dibagikan Sertifikat Relawan Pajak Bacht I dari Kanwil DJP Jawa Timur III atas kontribusi mahasiswa FEB UNISMA dalam bidang perpajakan setelah sebelumnya Tax Center FEB UNISMA telah menerima penghargaan sebagai Pilot Project Pembelajaran Inklusi Kesadaran Pajak di Jawa Timur.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id