KOPMA “ILHAM RAMADHAN” UNISMA, IKUT SERTA DALAM PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KOPERASI

Dilihat Telah dilihat : 86 kali.  

KOPMA “ILHAM RAMADHAN” UNISMA, IKUT SERTA DALAM PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KOPERASI

                Sidoarjo (23-25/09/2019), Kopma Ilham Ramadhan Unisma mengikuti Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Koperasi di Sidoarjo-Jawa Timur. Di era yang seperti ini sangat banyak sekali para pelaku-pelaku usaha, dan tombak utama dari Koperasi adalah unit usaha yang bias menghasilkan profit dan bias mensejahterakan anggotanya. Untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang usaha baik untuk pengurus dan anggota koperasi perlu adanya pelatihan-pelatihan yang menambah pengetahuan dalam berbisnis, oleh karena itu Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur mengadakan sebuah kegiatan Pelatihan Kewirausahaan berbasis Koperasi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

            Kegiatan tersebut diadakan di Hotel Utami Sidoarjo-Jawa Timur. Peserta dalam pelatihan kewirausahaan berbasis koperasi tersebut merupakan pengurus maupun anggota koperasi-koperasi yang ada di area Malang dan Surabaya. Tujuan dari pelatihan ini adalah menciptakan generasi muda yang mampu mencipatakan sebuah usaha/bisnis yang berbasis koperasi.

KOPMA “Ilham Ramadhan” UNISMA mendelegasikan 3 orang yang terdiri dari 2 pengurus dan 1 anggota Kopma. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari 2 malam. Pada pelatihan tersebut dihadirkan pemateri-pemateri yang sudah ekspert di bidangnya, yakni dari Widyaiswara UPT Pelatihan Koperasi dan UMKM Jatim.

Pada proses pelatihan tersebut peserta dibagi 2 kelas agar kondisi lebih kondusif, yakni kelas A dan kelas B. Kebetulan KOPMA “Ilham Ramadhan” UNISMA bertempat di kelas B yang mayoritas pesertanya dari Malang. Ada beberapa materi yang diajarkan pemateri kepada peserta, diantaranya yaitu: Jati diri koperasi, Permodalan pembagian SHU, Wirausaha dan kewirausahaan, Perencanaan Usaha, Pengembangan ide dan peluang bisnis, dan Pembukuan usaha sederhana.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dari beberapa materi tersebut, khususnya materi pembukuan usaha sederhana tidak hanya sekedar penjelasan mengenai teori melainkan juga ada praktek. Dari membuat buku harian (jurnal), bias langsung ke neraca dan laporan laba/rugi. Serta ada metode sederhana dalam menghitung BEP, PHU, PBP, serta rentabilitas modal sendiri.

Harapannya kegiatan Pelatihan Kewirausahaan berbasis Koperasi ini dapat bermanfaat dan dapat diterapkan bagi setiap koperasi-koperasi khususnya KOPMA “IlhamRamadhan” UNISMA. Adanya kegiatan ini dapat meningkatkan perkembangkan koperasi mahasiswa dalam membuat bisnis yang baik dan terencana dengan matang.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Need Help? Chat with us