Dosen Fakultas Teknik UNISMA Membangun Sarana Penyedia Air Bersih dengan Pompa Tanpa Listrik di Desa Gunungsari

Dilihat Telah dilihat : 60 kali.  

Dosen Fakultas Teknik UNISMA Membangun Sarana Penyedia Air Bersih dengan Pompa Tanpa Listrik di Desa Gunungsari

Sebagai Realisasi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai KEMENRISTEK DIKTI, Dosen Fakultas Teknik Universitas Islam Malang (UNISMA) yang diketuai oleh Ismi Choirotin, ST., MT., MSc, anggota Nur Robbi, ST., MT, dan Cynthia Permata Dewi ST., MT., MSc, melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Mitra dari kegiatan ini adalah Kelompok Tani Mawar Maju III Desa Gunungsari yang memiliki komoditas utama pertanian berupa bunga potong terutama bunga mawar.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Menurut Ismi, kegiatan pengabdian ini dilakukan melihat kondisi dimana warga Desa Gunungsari harus membeli air bersih dari desa lain, padahal mereka memiliki sumber mata air yang layak konsumsi dengan debit yang besar di wilayah mereka sendiri. Kondisi ini terjadi karena posisi sumber mata air berada di bawah lokasi pemukiman penduduk dan lahan pertanian Kelompok Tani, serta kondisi kemiringan tanah yang curam. Pada awalnya warga desa menggunakan sumber mata air tersebut untuk kebutuhan irigasi dan konsumsi dengan swadaya pemasangan pompa hidran. Pada tahun 2004 pompa mengalami kerusakan dan masyarakat kurang memiliki pengetahuan dalam proses perbaikannya, sehingga mereka harus membeli air bersih dari Desa Pagar lain untuk memenuhi kebutuhan air bersih sampai saat ini.

“Pada program pengabdian ini, kami membangun sarana penyedia air bersih yang berupa pompa hidran, pipanisasi dengan ketinggian 30 meter dan jalur sepanjang 120 meter, pembangunan tandon air dengan kapasitas 17500 liter dan yang paling penting adalah member penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat tentang pengoperasian dan perawatan fasilitas tersebut” Tambah Nur Robbi. Selain pengadaan air bersih untuk warga, program ini juga membantu warga dalam mengatasi limbah daun mawar untuk dijadikan pupuk kompos.

Dengan adanya program KEMENRISTEK DIKTI ini, dosen dapat melaksanakan pengabdian yang merupakan salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan dapat membantu perekonomian masyarakat khususnya warga Desa Gunungsari.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Need Help? Chat with us