Pendaftaran Beasiswa OSC Medcom.Id 2019 Kembali Dibuka

Program beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id 2019 resmi diluncurkan pada Rabu, 28 Agustus 2019 di Grand Studio Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat. Momentum ini sekaligus menandai dibukanya pendaftaran OSC di 21 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ternama yang menjadi mitra pemberi beasiswa ini.

Pendaftaran OSC Medcom.id akan dibuka mulai 28 Agustus-7 November 2019. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengakses laman osc.medcom.id. Tahun ini, selain tersedia pendaftaran untuk peserta OSC, juga dibuka pendaftaran OSC Community. Bagi pendaftar OSC tahun ini akan secara otomatis bergabung dalam OSC Community.

Pada penyelengaraan OSC di tahun ke-5 ini, sebanyak 21 PTS ternama berkomitmen untuk ambil bagian memberikan beasiswa. Jumlah PTS pemberi beasiswa terus bertambah sejak tahun pertama penyelenggaraan beasiswa yang diinisiasi oleh portal berita dan video Medcom.id ini.

“Tahun lalu ada 18 PTS yang bergabung dengan kami untuk memberikan beasiswa. Tahun ini meningkat menjadi 21 PTS, ini wujud kepercayaan yang luar biasa dari mitra PTS,” kata CEO Medcom.id, Mirdal Akib di sela-sela peluncuran OSC Medcom.id, di Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2019.

Ada empat perguruan tinggi swasta yang baru bergabung dengan OSC tahun ini, yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Universitas Ciputra Surbaya, Universitas Warmadewa, Bali dan Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Setiap PTS menyiapkan 20 kuota beasiswa untuk diperebutkan melalui OSC Medcom.id.Dari jumlah tersebut, secara total terdapat 420 beasiswa senilai lebih dari Rp 40 miliar. Peluncuran OSC Medcom.id kali ini juga sangat istimewa, sebab dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy dan 21 rektor dan direktur serta perwakilan dari perguruan tinggi swasta mitra OSC.

Mirdal Akib dalam sambutannya mengatakan, OSC Medcom.id merupakan embrio positif untuk memberikan akses putra-putri Indonesia melanjutkan ke pendidikan tinggi. Ia berharap lembaga-lembaga lain juga bisa berkontribusi, dengan bergabung bersama OSC.

“Ini menjadi embrio positif yang mengundang seluruh elemen bangsa bergabung bersama kami, kami ingin ini menjadi sebuah gerakan bukan monopoli media grup atauMedcom.id. Bisa memudahkan akses seluruh anak bangsa yang sama mendapatkan pendidikan berkualitas,” kata Mirdal.

Untuk diketahui, OSC adalah Kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia. Beasiswa OSC ke-5 yang diluncurkan pada 28 Agustus 2019 ini hadir untuk memberikan kemudahan bagi putra putri Indonesia, agar dapat melanjutkan pendidikan hingga S1, dengan menggunakan beasiswa yang diberikan perguruan tinggi swasta yang bekerja sama dengan OSC.

Dengan OSC peserta tidak lagi perlu datang ke kampus atau universitas hanya untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes secara langsung. Dengan sistem online, OSC mempersingkat dan mempermudah keseluruhan proses, mulai dari pendaftaran, hingga tes tahap awal dilakukan melalui sistem online.

Berikut ke-21 PTS pemberi beasiswa di program Beasiswa OSC 2019:

1. Universitas Al-azhar Indonesia (UAI)

2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta (Unika Atmajaya)

3. Universitas Mercu Buana Jakarta (UMB)

4. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka)

5. UMN Universitas Multimedia Nusantara

6. Universitas Trisakti (Usakti)

7. President University

8. Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung

9. Telkom University

10. Universitas Maranatha Bandung

11. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta

12. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga

13. Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya

14. Universitas Ciputra (UC) Surabaya

15. Universitas Gajayana Malang (Uniga)

16. Universitas Islam Malang (Unisma)

17. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)

18. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA)

19. Universitas Fajar Makassar (Unifa)

20. Universitas Muslim Indonesia (UMI)

21. Universitas Warmadewa, Bali

 

Sumber: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/gNQ0vjnK-pendaftaran-beasiswa-osc-medcom-id-2019-dibuka